Bupati Satria Dorong Optimalisasi Layanan Disdukcapil di Mal Pelayanan Publik

Bupati Satria Dorong Optimalisasi Layanan Disdukcapil di Mal Pelayanan Publik

0
 Kamis, 10 April 2025 | 10
Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat, Bupati Klungkung, I Made Satria meminta agar layanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) di Mal Pelayanan Publik (MPP) dioptimalkan. Langkah ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Kabupaten Klungkung dalam program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati. Sebagai tindak lanjut, Tim Monitoring Pelaksanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Klungkung yang dipimpin oleh Asisten II Setda Kabupaten Klungkung, Luh Ketut Ari Citrawati, melakukan monitoring langsung ke Mal Pelayanan Publik, Kamis (10/4/2025). Dalam kesempatan tersebut, Ari Citrawati menjelaskan bahwa saat ini Disdukcapil telah membuka gerai layanan di MPP. Namun demikian, dari seluruh jenis layanan yang tersedia, masih ada satu layanan penting yang belum hadir, yaitu layanan rekam cetak dokumen kependudukan. “Layanan Disdukcapil saat ini menggunakan 3 meja, sementara kebutuhan idealnya adalah 12 meja. Ini akan segera kami atur ulang agar semua kebutuhan bisa terpenuhi,” ungkapnya. Ia juga menambahkan bahwa selain penataan meja, kehadiran instansi lain di gerai MPP masih belum optimal. Oleh karena itu, Pemkab akan meninjau ulang nota kesepahaman (MoU) dengan instansi-instansi terkait serta mempercepat penyediaan jaringan internet privat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) guna mendukung kelancaran layanan. “Harapan kita, dalam 100 hari program Bupati dan Wakil Bupati Klungkung, pelayanan rekam cetak sudah tersedia di MPP dan dapat dimanfaatkan masyarakat dengan nyaman,” tambah Ari Citrawati. Pemkab Klungkung berharap keberadaan Mal Pelayanan Publik benar-benar menjadi pusat layanan terpadu yang cepat, mudah, dan ramah bagi seluruh warga.